how green are you?

Posted on Updated on

terinspirasi dari pertanyaan yg pernah saya baca ‘how reds are you?’. gak nyambung memang, cuman pengen bikin bahasan yg serupa aja.

pertanyaan pertama memang ditujukan kepada sesorang untuk mengetahui seberapa besar cintanya pada klub Liverpool. sedang bahasan saya kali ini lebih kepada ingin mengetahui seberapa besar kontribusi anda terhadap warna hijau! lho! maksud saya seberapa besar perhatian kita terhadap masalah lingkungan. mungkin gak usah berat2 kali yah?! hal2 apa aja sih yg sudah anda buat demi kelestarian lingkungan, seberapa besar kepedulian anda terhadap sekitar. gitu aja sih, gak usah yg muluk2. kalo udah ntar di-link ke sini juga boleh.

kalo saya, berikut adalah hal2 yg sejauh ini sudah saya lakukan yg berhubungan dengan hijau2an:

  1. sejak kuliah, topik yg saya ambil buat skripsi saya adalah masalah kerusakan lingkungan, terutama yg diakibatkan oleh ketidakjelasan hak kepemilikan sehingga siapapun bisa menggunakan sumber daya alam tanpa ada niat memperbaruinya, dalam kasus saya adalah hutan. topik ini dipandang sangat ekstrem, mengingat suatu hal baru yg jarang orang bisa memandang keterkaitannya dengan subjek studi saya. akibatnya jelas! skripsi saya molor karena dosennya alot gak bisa kompromi, susah nyari backing buat literatur sekaligus susah nyari data. dan walopun akhirnya selesai jauh melebihi masa studi, saya bisa bernafas dengan lega. skripsi tersebut juga yg mengantarkan saya menjadi salah satu kandidat dari Indonesia di sebuah summer course di Jerman tentang sustainable forest, sayang gak bisa pergi karena masalah ijazah yg belum bisa diproses. belum rejeki. dan sekarang, jadi sering senyum2 sendiri setelah semua orang ribut membicarakan illegal logging dan tetek bengek masalah global warming, juga masalah sustainability. ah….hate to tell you ‘i’ve told you so!’….
  2. saya jarang sekali membuang sampah sembarangan, kecuali benar2 kebangetan dan lg ndableg! apapun selalu saya kumpulkan kalo belum nemu tempat sampah. akibatnya tas saya sering jadi sarang macem2 barang2 ndak berguna, macem bungkus permen, kertas2 kecil, kertas bon (bukti kriminalitas belanja juga), dll. selain itu saya terbiasa memisahkan sampah di rumah berdasarkan organik dan non organik. HALAH! terbiasa juga memisahkan macam2 sampah dari bekas tempat sesuatu, misal bekas sampo, sabun, pembersih muka, talk. selain biar gampang buat para pemulung ngambil, sebenernya sih biar gampang kalo ada yg mau beli. eheheheheh….kunjungi ogahrugi.com!
  3. sudah 2 bulan ini saya sering sekali menolak menerima plastik bungkus belanjaan, apalagi kalo cuma dapet plastik2 kecil ndak penting yg cuma menuh2in rumah. jadi kalo pergi, saya bawa tas besar ato tas kantong yg isinya banyak. lumayan lah… walo masih suka dipelototin orang2 dengan heran. yah…edukasi kan bisa dimulai dengan memberi contoh nyata. yo rak?!
  4. jarang pake tisu! kalo gak butuh2 bgt! ini penting juga, mengurangi jumlah pohon yg ditebang pas bikin tisunya.
  5. jarang pake kertas buat urusan gak penting! kalo gak perlu dicatet ya gak usah nyatet! berdayakan otak untuk mengingat2, rekam pake hape ato mp3. ketik lgsg di komputer.
  6. matiin lampu pas tidur malem. setrika sekalian kalo udah banyak (gak janji soalnya baju lebih enak kalo anget abis disetrika), ehehehehehhe…..ngeles!
  7. join ke komunitas peduli lingkungan, WALHI. gabung lewat friendster sih…kirain bakalam rame, ternyata gak ada gaungnya sama sekali…sepi….kemana kalian?
  8. apalagih yah?
  9. lupa?
  10. gak sadar…
  11. o iya…gak suka pake stereoform buat bungkus apapun! selain beracun, itu juga susah bgt diuraikan lho!
  12. coba kalo dibolehin dan legal…saya pasti udah menjalankan yg satu ini……‘save water…drink beer!’ hahahahhahahahahhahahah……

hmmmm……belum banyak yah? tapi seenggaknya udah ada niat kesitu lah. segala sesuatu kalo mau berubah itu katanya kan harus dari diri sendiri dulu, dari hal2 yg kecil, dari lingkungan kita dulu. sapa tau ntar tetangga kita ada yg suka dan mikirnya samaan, kan bisa menularkan juga. jadi… how green are you???

jadi ingat selebriti andalan kita semua Ms. Cintja Lawra, ‘syaya fikir, global warming is cool!’. glek! nek, apanya yg cool?!

One thought on “how green are you?

    mbak indah said:
    March 7, 2008 at 3:38 pm

    setuju nomer 12!! tambah lagi pris buat nomer 12 : mandi cukup satu kali sehari, tidak usah mandi kalo tidak pergi kemana2… :))

Leave a Reply

