saya, perempuan!

Posted on

another crossposting! whehehehhe…… ngguyupi bulan April. bulan perempuan! halah.

Saya, perempuan. Begitu yang tertulis dalam berbagai identitas saya. Setidaknya didukung oleh bukti fisik yang ada. Eheheheh….

Menurut saya, beda perempuan dan lelaki itu cuma di sel telur dan sperma. Esterogen dan testosteron itu relatif besarnya untuk setiap individu. Semua bisa berkembang tergantung lingkungannya.

Itu yang mendasari prinsip emansipasi saya. Saya dan para lelaki itu sama. Saya seminim mungkin mengkelaminkan segala urusan. Kecuali beberapa hal yang memang bawaan dari urusan kodrat itu. Saya menikmati beberapa keistimewaan yang perempuan dapat, sebatas berurusan dengan kodrat. Cuti haid dan cuti hamil misalnya. Tapi kadang agak risih dengan keistimewaan lainnya. Mungkin itu juga hasil dari prinsip manja perempuan yang diartikan sebagai emansipasi. ladies parking, ladies night, jatah perempuan di parlemen?

OK! Itu masalah preferensi juga sih. Kalo saya yang penting sih, selama hal itu masih bisa saya kerjakan sendiri dengan kekuatan saya tanpa ada diskriminasi dari lawan jenis, itulah perjalanan emansipasi saya. Besaran otak kiri dan kanan yang sering dijadikan alasan pembeda juga bukan sesuatu yang mutlak buat saya. Masih banyak faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut.

Ibu emansipasi kita, Ibu Kartini dan beberapa tokoh wanita lain saya yakin juga berjuang bukan hanya demi mendapatkan parkir yang mudah. Beliau menjangkau hal yang lebih dari itu. Hak sama atas hal-hal yang dinikmati para lelaki.

Trus beberapa hal yang dianggap ‘perempuan sekali’ dan ‘lelaki sekali’ itu bagaimana? Yah hal-hal seperti itu tampaknya urusan seleksi alam. Hasil kebudayaan umat manusia. masalah kebiasaan. Budaya nyalon di kampung dianggap sebagai ‘urusan perempuan’. Padahal di kota, gak sedikit lelaki yang hobi ke salon, hanya sekedar buat merapihkan jenggot! Ini hasil curhat seorang teman. Haakkakaka….

Jadi, menurut saya, hak perempuan dan lelaki itu sama saja lah. Yang bikin beda selain beberapa hal yang absolut tadi, adalah keterbatasan fisik personal dan lingkungan.

Halah! Jadi intinya apa? Saya senang jadi perempuan lah! Dan saya cinta sama lelaki. Hakakakkakakak….. Bersama kita teruskan pokoknya!

2 thoughts on “saya, perempuan!

    didut said:
    May 3, 2009 at 4:11 am

    saya, LAKI-LAKI!!

    buktikan, Dut! ganbatte! :mrgreen:

    sendit said:
    June 2, 2009 at 8:28 pm

    SAya juga 100% LELAKI!!! 🙂

    http://sendit.wordpress.com

    halah! mana buktinya?! 😆 makasih dah mampir yah!

Leave a Reply

